Mengapa Umroh Selagi Muda | khazzanahtravelhaji 5/5 (1)

mengapa umroh selagi muda
mengapa umroh selagi muda

Mengapa Umroh Selagi Muda | khazzanahtravelhaji

Mengapa Umroh Selagi Muda ? bukannya yang wajib itu adalah haji ?

saya masih muda, umroh bisa nanti lah yaa kalo udah 45 tahunan.

Mengapa umroh selagi muda terus kemudian haji, uang saya ngga cukup !

Ada beberapa saudara saudara kita. atau mungkin kita sendiri yang masih berfikiran seperti itu. Mengapa umroh selagi muda, kan yang wajib itu haji, sehingga enggan untuk pergi umroh. padahal seperti kita tahu, bahwa saat ini antrean untuk pergi haji di Indonesaia, di beberapa daerah bahkan sudah menjadi sangat lama. bisa sampai 36 tahun.

bayangkan…

Jika saat ini usia kita misalkan 35 tahun, trus daftar haji dapat antrean 36 tahun, artinya kita akan bisa berangkat haji ketika umur kita sudah 71 tahun. coba bayangkan kita pergi haji disaat umur 71 tahun… fisik sudah lemah.

apakah ibadah haji kita akan bisa maksimal ?

apakah tidak akan merepotkan keluarga atau teman teman satu rombongan ?

dan yang utama harus menjadi pertimbangan kita adalah, apakah yakin masih hidup sampai umur 71 tahun ?

baca juga ; Rukun umroh dan hikmahnya

baiklah, kita coba telaah pendapat diatas

  1. Bukannya yang wajib itu adalah haji

Umroh wajib atau tidak, Dalam hal ini ada khilafiah (beda pendapat) di antara para ulama. Ulama Malikiyah, dan kebanyakan ulama Hanafiyah, berpendapat bahwa ‘umroh itu sunnah muakkad.

apa itu sunah muakkad ?

Sunah muakkad adalah amalan sunah yang sangat dianjurkan untuk dikerjakan.

Sebagian ulama Hanafiyah ada yang berpendapat bahwa, umroh itu wajib sekali seumur hidup, karena menurut istilah mereka sunnah muakkad itu wajib.

Pendapat dari Imam Syafi’i, dan ulama Hambali, ‘umroh itu wajib sekali seumur hidup.

HR.Ibnu Majah no. 2901, hadits ini shahih sebagaimana kata Syaikh Al Albani)

وبحديث عائشة رضي الله تعالى عنها قالت : « قلت : يا رسول اللّه هل على النّساء جهاد ؟ قال : نعم ، عليهنّ جهاد لا قتال فيه : الحجّ والعمرة » .

‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, ia berkata, “Wahai Rasulullah, apakah wanita juga wajib berjihad?” Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, “Iya. Dia wajib berjihad tanpa ada peperangan di dalamnya, yaitu dengan haji dan ‘umroh.”

Terlepas dari umroh itu wajib atau sunah muakkad ?

itu kembali kepada keyakinan anda mau ambil pendapat yang mana, namun jika memang mampu, kenapa tidak kita umroh minimal satu kali seumur hidup. Dengan melakukan umroh itu akan menjadi bukti syukur kita kepada Allah SWT atas nikmat rizki yang telah dianugerahkan kepada kita.

masih bertanya mengapa harus umroh selagi muda ?

artikel terkait : cara mendirikan travel umroh tanpa ribet

  1. Saya masih muda, umroh bisa nanti lah yaa kalo udah 45 tahunan

Anda yakin masih diberikan nikmat umur sampai dengan 45 tahun ?

bagaimana jika tahun depan atau bulan depan Allah sudah memanggil…

Selagi mampu kenapa tidak anda pergi umroh sekarang ? selagi materi cukup, kesehatan mendukung, waktu juga ada. Niat baik jangan lah ditunda tunda.

Jika anda mampu untuk traveling, menikmati keindahan pesona wisata di Indonesia, mungkin malah anda sudah ke korea, jepang, Malaysia dll,  kenapa nikmat itu tidak anda syukuri dengan cara memenuhi panggilan Allah untuk ke tanah suci ?

  1. Kalo harus umroh terus kemudian haji, uang saya ngga cukup

Jangan pernah berputus asa akan pertolongan Allah.

Saran saya, pakai uang anda yang ada saat ini untuk Umroh. Saat umroh anda bisa minta sama Allah supaya diberikan kemampuan untuk bisa ber haji. Bukankah saat umroh itu artinya anda sedang berada di rumah Allah ? ketika di tanah air saja Allah mengabulkan doa doa anda, apalagi anda sudah jauh jauh datang kerumah Allah dan  berdoa disana. Masa Allah tidak akan mengabulkan doa anda ?

Allah yang memanggil kita untuk ber-haji. Allah juga yang akan memampukan kita untuk memenuhi panggilannya. Tidak punya uang untuk pergi haji itu adalah pikiran kita. Tapi kalau Allah sudah berkehendak memampukan anda untuk ber haji, maka tidak ada yang tidak mungkin. Allah itu maha berkehendak, maka kuasa. Tugas anda hanyalah memperbaiki niat dan memantaskan diri supaya mampu memenuhi panggilan Allah maka percayalah  Allah lah yang akan memampukan dan meng-haji kan anda.

Umroh bersama Ust Abdul Somad

Maka dari itu, yuk… kita perbaiki niat, kita perbaiki diri kita supaya kita pantas untuk pergi memenuhi panggilan Allah.

Please rate this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share This