Panduan lengkap shalat dhuha, waktu, niat, tata cara, doa, dan keutamaan 5/5 (2)

Panduan lengkap shalat dhuha
Panduan lengkap shalat dhuha

Panduan lengkap shalat dhuha, waktu, niat, tata cara, doa, dan keutamaan

Panduan lengkap shalat dhuha – pagi pagi habis olahraga, terus mandi badan jadi seger. udah sarapan, udah ngopi juga, cek medsos juga udah …. enak nya ngapain lagi ya ?

Udah shalat dhuha belum ni … ? shalat dhuha yuk

tapi ngomong ngomong udah pada tahu belum, apa itu shalat dhuha ? terus niat dan taat caranya gimana, doa nya apa dan kenapa kita musti shalat dhuha ?

kalo belum pada tahu, simak aja yuk panduan lengkap shalat dhuha di bawah ini :

APA ITU SHALAT DHUHA DAN WAKTUNYA KAPAN

Shalat dhuha adalah shalat sunah yang dikerjakan ketika matahari telah naik sekitar 1 tombak, kira kira 15 menit setelah matahari terbit sampai dengan sekitar 15 menit menjelang waktu dhuhur.

Shalat dhuha boleh dikerjakan di awal waktu dhuha, dipertengahan dhuha maupun di akhir waktu dhuha.

Shalat dhuha baik dikerjakan di awal waktu jika ; seorang laki lagi shalat subuh berjamaah di masjid, kemudian setelah shalat subuh tetap tinggal di masjid untuk mengingat Allah, boleh baca quran, dzikir, istiqfar,berdoa, taklim atau amalan lainnya sepanjang itu tetap mengingat Allah dan tetap berada di lingkungan masjid. kemudian kira kira 15 menit setelah terbit matahari mengerjakan 2 rakaat shalat dhuha.

Shalat dhuha 2 rakaat di awal waktu ini biasa juga disebut sebagai shalat isyroq atau shalat syuruq. dikerjakan hanya 2 rakaat.

Shalat dhuha boleh juga dikerjakan di pertengahan waktu dhuha namun lebih baik lagi jika dikerjakan di akhir waktu dhuha dimana cahaya matahari sudah mulai memanas

NIAT SHALAT DHUHA

Niat shalat boleh memakai bahasa arab, ataupun bahasa indonesia. boleh dikeraskan, pelan, ataupun hanya dalam hati. karena esensi dari niat ini adalah untuk menguatkan dan memastikan saja kita mau mengerjakan apa

Berikut adalah niat shalat dhuha

USHOLLI SUNNATADH DHUHAA ROK’ATAINI MUSTAQBILAL QIBLATI ADAA’AN LILLAAHI TA’AALAA

Aku niat shalat sunnah dhuha dua rakaat menghadap kiblat karena Allah Ta’ala

Redaksional Niat diatas hanyalah contoh, kita bisa menggunakan bacaan niat yang lain. yang penting adalah kita berniat untuk mengerjakan shalat dhuha senmata mata karena Allah

TATA CARA SHALAT DHUHA

Tata cara shalat dhuha sama seperti ketika kita mengerjakan shalat yang lain, dimulai dengan niat yang dilanjutkan dengan takbiratul ihram dan diakhiri dengan salam.

Shalat dhuha ini boleh dikerjakan minimal 2 rakaat sampai dengan 12 rakaat, yang dibagi setiap 2 rakaat diakhiri dengan salam.

Shalat dhuha dikerjakan secara sendiri, atau tidak berjamaah ( munfarid )

Satu hal yang istimewa dalam shalat dhuha ini adalah dianjurkan untuk membaca surat adh dhuha di setiap rakaat kedua setelah Al-fatehah. Sedangkan untuk rakaat pertama setelah membaca Al-fatehah boleh membaca surat apa saja namun lebih baik jika memilih surat surat yang berkenaan dengan rejeki

DOA SHALAT DHUHA

Rasulullah SAW tidak mengajarkan secara khusus doa setelah shalat dhuha. Namun ada satu doa yang populer yang dilafadkan setelah selesai shalat dhuha oleh banyak kaum muslimin yaitu ;

ALLAHUMMA INNADHDHUHA-A DHUHA-UKA,

WALBAHAA-A BAHAA-UKA,

WAL JAMAALA JAMAALUKA,

WAL QUWWATA QUWAATUKA,

WAL QUDROTA QUDROTUKA,

WAL ‘ISHMATA ISHMATUKA.

ALLAHUMA INKAANA RIZQII FISSAMMA-I FA ANZILHU,

WA INKAANA FIL ARDHI FA-AKHRIJHU,

WA INKAANA MU’SIRON FAYASSIRHU,

WAINKAANA HAROOMAN FA THOHHIRHU,

WA INKAANA BA’IDAN FA QORIBHU, BIHAQQIDUHAA-IKA,

WA BAHAAIKA, WA JAMAALIKA WA QUWWATIKA WA QUDROTIKA, AATINI MAA ATAITA ‘IBAADAKASH SHOOLIHIiN

Ya Allah, sesungguhnya waktu dhuha ini adalah waktu dhuha-Mu, keagungannya adalah keagungan-Mu, keindahannya adalah keindahan-Mu, kekuatannya adalah kekuatan-Mu, penjagaannya adalah penjagaan-Mu, Ya Allah, apabila rezekiku berada di atas langit maka turunkanlah, apabila berada di dalam bumi maka keluarkanlah, apabila sukar mudahkanlah, apabila haram sucikanlah, apabila jauh dekatkanlah dengan kebenaran dhuha-Mu, keagungan-Mu, keindahan-Mu dan kekuatan-Mu, berikanlah kepadaku apa yang Engkau berikan kepada hamba-hambaMu yang shalih

Selain doa diatas, kita juga diperbolehkan untuk membaca doa lain dan dengan bahasa kita sendiri.

KEUTAMAAN SHALAT DHUHA

Shalat dhuha ini merupakan shalat sunah yang sangat dianjurkan oleh rasul, karena shalat dhuha ini memang istimewa dan memiliki bebrapa keutamaan yang sangat sayang sekali jika kita tinggalkan.

berikut adalah keutamaan shalat dhuha :

1) Mendapatkan pahala seperti haji dan umroh

من صلى الصبح في ثم قعد يذكر الله حتى تطلع الشمس ثم صلى جماعةركعتين كانت له كأجر حجة وعمرة قال قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : تامة تامة تامة

“Barangsiapa yang shalat subuh berjamaah lalu dia duduk untuk berdzikir kepada Allah hingga terbit matahari kemudian shalat dua rakaat maka dia seperti mendapatkan pahala haji dan umrah.” Anas berkata: Rasulullah bersabda: “Sempurna, sempurna, sempurna.”

Imam At Tirmidzi dalam Sunannya No. 586

sesuai dengan hadist diatas, salah satu keutamaan dari shalat dhuha yang dikerjakan di awal waktu adalah mendapatkan pahala seperti pahala haji dan umroh.

untuk mendapatkan keutamaan ini, haruslah seorang laki laki itu shalat subuh berjamaah di masjid, kemudian tinggal di masjid itu untuk mengingat Allah sampai dengan setelah waktu terbit matahari sekitar 15 menit dan kemudian mengerjakan 2 rakaat shalat dhuha.

2) Diampuni Dosa

Barang siapa yang mengerjakan sholat Dhuha dan mampu menjaganya setiap waktu, niscaya Allah mengampuni dosa-dosanya. Sekalipun dosa-dosanya itu banyak seperti buih di lautan. “

(HR. Tirmidzi dari Abu Daud Ra)

Dari hadist diatas, barangsiapa istiqomah mengerjakan shalat dhuha setiap hari maka Allah akan mengampuninya, meskipun dosanya sebanyak buih dilautan.

3) Sebagai pengganti sedekah bagi setiap persendian

“Pada setiap persendian kalian harus dikeluarkan sedekahnya setiap pagi; Setiap tasbih (membaca subhanallah) adalah sedekah, setiap tahmid (membaca Alhamdulillah) adalah sedekah, setiap tahlil (membaca Lailaha illallah) adalah sedekah, setiap takbir (membaca Allahu Akbar) adalah sedekah, amar bil ma’ruf adalah sedekah, nahi ‘anil munkar adalah sedekah. Semua itu dapat terpenuhi dengan (shalat) dua rakaat yang dilakukan di waktu Dhuha.”

(HR. Muslim, no. 1181) 

Setiap manusia memiliki 360 persendian yang wajib di keluarkan sedekahnya setiap hari. dan kewajiban bersedekah untuk setiap persendian ini bisa digantikan dengan 2 rakaat shalat dhuha

4) Masuk surga melalui pintu khusus

“Sesungguhnya di dalam syurga, ada pintu yang dinamakan pintu DHUHA, maka ketika datang hari kiamat memanggillah (yang memanggil Allah), dimanakah orang yang selalu mengerjakan sembahyang atas Ku dengan sembahyang DHUHA? inilah pintu kamu, maka masuklah kamu ke dalam syurga dengan rahmat Allah”.

(HR. Thabrani dari Abu Huraerah)

Bagi yang istiqomah mengerjakan shalat dhuha, maka kelak akan masuk surga melalui pintu khusus, yaitu pintu dhuha.

Pintu ini khusus diperuntukkan bagi yang istiqomah mengerjakan shalat dhuha.

5) Dibangunkan rumah di surga

“Barang siapa yang melaksanakan shalat dhuha 2 rakaat, maka akan ditulis sebagai orang- orang yang tidak lalai dalam mengingat Allah. Barang siapa yang melaksanakan 4 rakaat, akan ditulis sebagai orang- orang yang suka beribadah. Barang siapa yang melaksanakan 6 rakaat, maka akan dicukupkan ia pada hari tersebut. Barang siapa yang melaksanakan 8 rakaat, akan ditulis sebagai orang- orang yang selalu berbuat taat. Dan barang siapa yang melaksanakan 12 rakaat, maka Allah akan membina baginya mahligai di dalam Surga”.

(HR At Thabrani)

Siapa yang tidak ingin punya rumah ?

Didunia saja, kita pasti sangat menginginkan memiliki rumah. apalagi ini Allah telah menjanjikan sebuah rumah di surga untuk kita. bukan di dunia tapi di surga tidak perlu repot repot cukup dengan istiqomah shalat dhuha 12 rakaat setiap hari dan Allah menjamin bahwa kita punya rumah di surga. ketika kita sudah dibuatkan rumah di surga, maka logika nya kita juga pasti akan masuk surga.

bukankah kita memang mengidam idamkan bisa masuk surga ?

nah ini Allah sudah menjamin, jadi tunggu apalagi ?

Ayo Shalat Dhuha 12 rakaat setiap hari

PAKET UMROH KHAZZANAHTRAVELHAJI

Paket Umroh September

Paket Umroh Oktober

Paket Umroh November

Paket Umroh Desember

Paket Umroh Januari

Paket Umroh Februari

Paket Umroh Maret

Paket Umroh April

Paket Umroh May

Paket Haji Percepatan

BACA JUGA

Seminar Peluang Usaha Umroh dan Mudahnya ke Baitullah. Rahasia bisa umroh gratis berkali kali dan punya bisnis travel umroh sendiri

Inilah alasan kenapa memilih bisnis travel umroh

Punya travel umroh tanpa ribet, Mau ?

Sudah tahu belum, shalat sunah yang sangat dianjurkan dan sayang jika ditinggalkan

Workshop Metode & Praktek Shalat Khusyu bersama khazzanahtravelhaji

Berikut adalah 12 alasan mengapa memilih khazzanahtravelhaji sebagai tarvel umroh anda

Berbisnis sekalian ibadah, Mau ?

Metode shalat khusyu, sebuah rahasia supaya pikiran tidak jalan jalan ketika kita shalat

ARTIKEL TERBARU

Please rate this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share This